Kamis, 11 September 2014

MAKALAH KEWIRAUSAHAAN BIOGRAFI DAN KISAH SUKSES WIRAUSAHAAN MUDA INDONESIA

MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
BIOGRAFI DAN KISAH SUKSES WIRAUSAHAN MUDA INDONESIA
T U G A S                                :  KEWIRAUSAHAAN 1
ANGGOTA                              :           
                                                            RISYATI                                           (43113110181)
                                                            RINARJO                                          (43113110298)
                                                            MAFUD LIANSAH                           (43113110164)
                                                            SITI NURHAYATI                            (43113110215)              
                                                            MARGARETA AYU                          (43113110000)


UNIVERSITAS MERCUBUANA
MERUYA SELATAN, JAKARTA BARAT.
13 SEPTEMBER 2014




DEFINISI WIRAUSAHA & KEWIRAUSAHAAN :
wirausaha adalah kemampuan untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka lahir dan bathin, sumber peningkatan kepribadian, suatu proses dimana orang mengejar peluang, merupakan sifat mental dan sifat jiwa yang selalu aktif dituntut untuk mampu mengelola, menguasai, mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreatifitas.
Kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu nilai yang berbeda dengan mencurahkan waktu dan upaya yang diperlukan, memikul risiko-risiko finansial, psikis dan sosial yang menyertai, serta menerima penghargaan /imbalan moneter dan kepuasan pribadi.


DAMPAK POSITIF KEWIRAUSAHAAN :
·         Semakin banyak wirausahawan disuatu negara, maka akan meningkatkan daya saing negara tersebut
·         Semakin banyak wirausahawan suatu negara, negara akan mendapatkan penghasilan yang cukup besar dari sektor pajak atas kegiatan ekonomi yg dilakukan
·         Semakin banyak wirausahawan suatu negara, maka ekonomi masyarakat menjadi ekonomi mandiri dan tidak tergantung pada sistem ekonomi kapitalis
·         Semakin banyak wirausahawan disuatu negara, maka sangat luas kesempatan bekerja karena lapangan kerja tercipta sangat luas dari kreatifitas para wirausahawan dan berdampak pada berkurangnya pengangguran khususnya pada usia produktif
·         Dengan dukungan pemerintah sepenuhnya pada tumbuh kembangnya wirausahawan muda, dengan pro aktifnya pemerintah menyediakan modal dengan bunga kompetitif, hasil keuntungan usaha disimpan di bank-bank dalam negeri sehingga perputaran uang semakin lancar sehingga modal para wirausahawan bertambah sehingga mampu menembus pasar global yang pada akhirnya menaikkan neraca export import dan menambah devisa negara secara signifikan


KISAH SUKSES SALAH SATU WIRAUSAHAWAN MUDA INDONESIA
REZA NURHILMAN dengan Usahanya “KERIPIK PEDAS MAICIH”
Ø  Diawali semasa SMP sampai SMA Reza diasuh oleh orang tua angkat di Cimahi dan tdk memiliki figur seorang ayah, dan dibangku SMA yang mengubah Reza menjadi sosok yang memiliki visi yang besar dan impian yang tinggi
Ø  Pasca SMA bekerja serabutan yang menjadi faktor seseorang memiliki motif wirausaha (sesuai pendapat Hendro & Chandra WW -2006 : ada beberapa aspek yg mempengaruhi keinginan seseorang utk memilih jalur wirausaha yaitu pengaruh hidup dari kecil hingga dewasa baik oleh lingkungan ataupun keluarga)
Ø  Tahun 2010 memulai usaha  keripik pedas Maicih dengan bekerjasama dengan produsen keripik pedas dikota Cimahi dengan modal 15juta dan produksi 50 bungkus perhari yang diproduksi dari level 1 sampai level 5 yg dipasarkan berkeliling dan memanfaatkan media sosial twitter
Ø  Awal 2011, industrinya diresmikan dengan nama  CV. 29 Synergy, yang kemudian meraih kesuksesan dengan merek dagang “maicih” pada Februari 2011
Ø  Reza menggunakan akun Twitter Official dari perusahaan @infomaicih sebagai senjata utama pemasaran
Ø  Thn 2011 pertengahan,  memisahkan diri dari produsen awal dan memiliki pabrik sendiri setelah permintaan semakin meningkat, dengan nama perusahaan PT. Maicih Inti Sinergi
Ø  Logo “Maicih” mulai dipatenkan untuk menghindari pemalsuan produk
Ø  Produk Maicih dari PT. Maicih Inti Sinergi : keripik pedas level 3, level 5, level 10, bakso goreng/basreng, gurilem, seblak pedas original, seblak keju pedas.


KUNCI SUKSES USAHA DARI REZA NURHILMAN DENGAN PRODUK MAICIHNYA :
v  Reza berpikir “out of the box” yaitu berfikir dan melakukan hal diluar kebiasaan yang ada, diantaranya :
§  Dalam pemasaran tdk membuka toko spt layaknya kebanyakan penjual, namun dengan memanfaatkan media twitter sbg informasi lokasi dimana para Jenderal/agen maicih menjajakan dagangannya
§  Menciptakan Word of Mouth/WOM dengan tingkat kepedasan keripik
§  Memberikan nama yang unik pada struktur manajemen usaha dan penjualannya serta komunikasi dengan calon konsumen: Sususnan manajerial PT. Maicih (Presiden, Mentri Pangan, Mentri Perhubungan, Mentri SDM, Dua Mentri Menkominfo, Mentri Keuangan), downline dan komunikasi (Jendral-reseller, Emak/nenek-pembuat keripik, cucu-konsumen, icihers-penggemar maicih, Republik Maicih-manajemen, tericih-icih gambaran ketagihan akan pedasnya maicih)
§  Membuat Tagline “For Icihers With Love” ingin tampil dekat dengan para penggemar, selalu memanjakkan penggemar di seantero nusantara dengan cita rasa yang berkualitas.
§  Sytem penjualan yang berbeda, calon pelanggan hanya bisa mengetahui dimana maicih berjualan tiap harinya melalui situs microblogging twitter
v  Target market yang dibidik unik dan inovatif, memanfaatkan jejaring sosial twitter untuk media informasi keberadaan produknya dan targetnya adalah kalangan muda
v  Sistem recruitment reseller/jenderal yang selektif dan dibekali dengan keahlian/skill
v  Reza membangun personal branding Maicih, yang dimulai dari produk dan siapa yg membuatnya

v  Motto : segalanya tidak datang dengan instan, melainkan dibutuhkan loyalitas, totalitas dan bersinergi jika ingin menuai sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar