MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
BIOGRAFI DAN KISAH SUKSES WIRAUSAHAN
MUDA INDONESIA
T U G A S : KEWIRAUSAHAAN 1
ANGGOTA :
RISYATI (43113110181)
RISYATI (43113110181)
RINARJO
(43113110298)
MAFUD LIANSAH (43113110164)
SITI NURHAYATI (43113110215)
MARGARETA AYU
(43113110000)
UNIVERSITAS MERCUBUANA
MERUYA SELATAN, JAKARTA BARAT.
13 SEPTEMBER 2014
DEFINISI
WIRAUSAHA & KEWIRAUSAHAAN :
wirausaha adalah kemampuan
untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka lahir dan bathin, sumber peningkatan
kepribadian, suatu proses dimana orang mengejar peluang, merupakan sifat mental
dan sifat jiwa yang selalu aktif dituntut untuk mampu mengelola, menguasai,
mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreatifitas.
Kewirausahaan adalah proses
menciptakan sesuatu nilai yang berbeda dengan mencurahkan waktu dan upaya yang
diperlukan, memikul risiko-risiko finansial, psikis dan sosial yang menyertai,
serta menerima penghargaan /imbalan moneter dan kepuasan pribadi.
DAMPAK POSITIF KEWIRAUSAHAAN :
·
Semakin banyak wirausahawan disuatu negara, maka akan meningkatkan
daya saing negara tersebut
·
Semakin banyak wirausahawan suatu negara, negara akan mendapatkan
penghasilan yang cukup besar dari sektor pajak atas kegiatan ekonomi yg
dilakukan
·
Semakin banyak wirausahawan suatu negara, maka ekonomi masyarakat
menjadi ekonomi mandiri dan tidak tergantung pada sistem ekonomi kapitalis
·
Semakin banyak wirausahawan disuatu negara, maka sangat luas
kesempatan bekerja karena lapangan kerja tercipta sangat luas dari kreatifitas
para wirausahawan dan berdampak pada berkurangnya pengangguran khususnya pada
usia produktif
·
Dengan dukungan pemerintah sepenuhnya pada tumbuh kembangnya
wirausahawan muda, dengan pro aktifnya pemerintah menyediakan modal dengan
bunga kompetitif, hasil keuntungan usaha disimpan di bank-bank dalam negeri
sehingga perputaran uang semakin lancar sehingga modal para wirausahawan
bertambah sehingga mampu menembus pasar global yang pada akhirnya menaikkan
neraca export import dan menambah devisa negara secara signifikan
KISAH SUKSES SALAH
SATU WIRAUSAHAWAN MUDA INDONESIA
REZA NURHILMAN dengan Usahanya
“KERIPIK PEDAS MAICIH”
Ø Diawali semasa
SMP sampai SMA Reza diasuh oleh orang tua angkat di Cimahi dan tdk
memiliki figur seorang ayah, dan dibangku SMA yang mengubah Reza menjadi sosok
yang memiliki visi yang besar dan impian yang tinggi
Ø Pasca SMA
bekerja serabutan yang menjadi faktor seseorang memiliki motif wirausaha (sesuai
pendapat Hendro & Chandra WW -2006 : ada beberapa aspek yg mempengaruhi keinginan
seseorang utk memilih jalur wirausaha yaitu pengaruh hidup dari kecil hingga
dewasa baik oleh lingkungan ataupun keluarga)
Ø Tahun 2010
memulai usaha keripik pedas Maicih
dengan bekerjasama dengan produsen keripik pedas dikota Cimahi dengan modal
15juta dan produksi 50 bungkus perhari yang diproduksi dari level 1 sampai
level 5 yg dipasarkan berkeliling dan memanfaatkan media sosial twitter
Ø Awal 2011,
industrinya diresmikan dengan nama CV.
29 Synergy, yang kemudian meraih kesuksesan dengan merek dagang
“maicih” pada Februari 2011
Ø Reza
menggunakan akun Twitter Official dari perusahaan @infomaicih sebagai senjata
utama pemasaran
Ø Thn 2011
pertengahan, memisahkan diri dari
produsen awal dan memiliki pabrik sendiri setelah
permintaan semakin meningkat, dengan nama perusahaan PT. Maicih Inti Sinergi
Ø Logo “Maicih”
mulai dipatenkan untuk menghindari pemalsuan produk
Ø Produk Maicih
dari PT. Maicih Inti Sinergi : keripik pedas level 3, level 5,
level 10, bakso goreng/basreng, gurilem, seblak pedas original, seblak keju
pedas.
KUNCI SUKSES USAHA DARI REZA NURHILMAN DENGAN PRODUK
MAICIHNYA :
v Reza berpikir
“out of the box” yaitu berfikir dan melakukan hal diluar kebiasaan yang ada,
diantaranya :
§ Dalam
pemasaran tdk membuka toko spt layaknya kebanyakan penjual, namun dengan
memanfaatkan media twitter sbg informasi lokasi dimana para Jenderal/agen
maicih menjajakan dagangannya
§ Menciptakan
Word of Mouth/WOM dengan tingkat kepedasan keripik
§ Memberikan
nama yang unik pada struktur manajemen usaha dan penjualannya serta komunikasi
dengan calon konsumen: Sususnan manajerial PT. Maicih (Presiden, Mentri Pangan,
Mentri Perhubungan, Mentri SDM, Dua Mentri Menkominfo, Mentri Keuangan),
downline dan komunikasi (Jendral-reseller, Emak/nenek-pembuat keripik,
cucu-konsumen, icihers-penggemar maicih, Republik Maicih-manajemen,
tericih-icih gambaran ketagihan akan pedasnya maicih)
§ Membuat
Tagline “For Icihers With Love” ingin tampil dekat dengan para penggemar,
selalu memanjakkan penggemar di seantero nusantara dengan cita rasa yang
berkualitas.
§ Sytem
penjualan yang berbeda, calon pelanggan hanya bisa mengetahui dimana maicih
berjualan tiap harinya melalui situs microblogging twitter
v Target market
yang dibidik unik dan inovatif, memanfaatkan jejaring sosial twitter untuk
media informasi keberadaan produknya dan targetnya adalah kalangan muda
v Sistem
recruitment reseller/jenderal yang selektif dan dibekali dengan keahlian/skill
v Reza membangun
personal branding Maicih, yang dimulai dari produk dan siapa yg membuatnya
v Motto :
segalanya tidak datang dengan instan, melainkan dibutuhkan loyalitas, totalitas
dan bersinergi jika ingin menuai sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar